Search Googling

Minggu, 13 Mei 2018

Blockchain bisa Diaplikasikan Pada Teknologi Apa Saja


Berbeda dengan Bitcoin yang menghadapi penolakan dari otoritas keuangan di beberapa negara, blokchain justru mulai dilirik oleh beberapa pihak. Hal ini tak lepas karena keunggulan teknologi blockchain sendiri yang telah diterapkan pada Bitcoin. Sehingga, beberapa pihak terkait enggan menerima Bitcoin karena dianggap tidak stabil harganya, namun melirik teknologinya untuk diterapkan pada teknologi tertentu. Nah, sebenarnya

Blockchain bisa diaplikasikan pada teknologi apa saja?

Blockchain sendiri adalah teknologi yang berfungsi menyimpan data dan sifatnya multiserver. Sehingga catatan transaksi akan tersebar ke semua server dan disimpan. Blockchain ibarat sebuah buku catatan besar yang disepakati berbagai pihak. Karena sifatnya multiserver, sehingga lebih aman.

Blockchain berbeda dari Bitcoin. Uang virtual yang sudah sangat digandrungi para pemburunya tersebut hanya merupakan suatu hasil dari teknologi blockhain. Jadi, seperti telah dibahas dalam artikel lain, tidak setiap yang memakai blockchain akan otomatis menerima Bitcoin. Nah, lihat daftar pengggunaan teknologi blockchain berikut ini :

1.    Blockchain Untuk Perbankan

Seperti dilansir Kata Data, 9/11/2017, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Eny V. Panggabean mengungkapkan bahwa BI akan terus mengkaji berbagai kemungkinan terkait blockchain. Kabar itu terus bergulir hingga Februari 2018. Hanya saja hingga saat ini penelitian masih terus berjalan meski belum ada kepastian kapan BI akan menerapkan teknologi Blockchain.

2.    Blockchain Untuk Dunia Kesehatan

Teknologi blockchain juga mulai digunakan di bidang kesehatan. Dalam hal ini blockchain yang merupakan sistem pencatatan yang bisa diakses oleh banyak pihak karena sifatnya yang multiserver. Sebagai gambaran, misal seorang pasien memeriksakan diri di dokter spesialis penyakit dalam. Lalu dokter melakukan pemeriksaan dan men-diagnosa bahwa pasien sakit tertentu.

Kemudian pasien dianjurkan untuk melakukan rontgen. Ketika hasil pemeriksaan dokter, dilengkapi hasil rontgen ini dimasukkan ke dalam teknologi blockchain, maka dokter umum sekalipun bisa tahu rekam jejeak kesehatan di pasien. Sehingga data diri dan penyakit pasien ini akan menjadi catatan umum atas dirinya ke mana pun ia berobat.

3.    Blockchain Untuk Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, teknologi blockchain bisa berfungsi sebagai ledger nilai atau prestasi yang bisa diakses oleh berbagai pihak. Sehingga seorang siswa ketika akan melamar pekerjaaan misalnya, perusahaan bisa tahu perjalanan belajar siswa dari sistem yang dibuat di atas teknologi blockhain.

Seperti yang diungkapkan dalam sebuah artikel yang dimuat oleh situs prweb.com, salah satu manfaat blockhain ini adalah semua elemen dalam pendidikan bisa lebih banyak terlibat. Informasi yang disimpan dalam teknologi ini akan menjadi data yang terdistribusi, valid dan tersimpan lebih lama.

4.    Blockchain Untuk Sistem Registrasi Pertanahan

Georgia dan Honduras telah mengawali percobaan untuk menerapkan teknologi blockchain untuk registrasi pertanahan. Dengan penerapan teknologi ini, diharapakan dapat memangkas jalur yang rawan dikorupsi.

Sifat blockchain yang menghilangkan peran perantara inilah yang dimanfaatkan. Ketika verifikasi transaksi tanah sudah tersimpan dalam database maka otomatis data tersebut akan bisa diakses semua pihak dan menjadi bukti sejarah kepemilikian yang valid.

5.    Blockchain Untuk Bisnis Real Estate

Teknologi blockchain juga sudah merambah ke dunia real esatate. Catatan kepemilikan sebuah properti bisa bertahan dan aman serta bisa dilacak dalam sistem yang menggunakan teknologi blockchain ini. Bahkan saat ini sudah berdiri asosiasi pengusahan real estate yang menggunakan Bitcoin dan Blockchain sebagai bagian sistem mereka. International Bitcoin Real Estate Association (IBREA) namanya, dan diketuai oleh Ragnar Lifthrasir yang merupakan seorang enterpreneur fintech real estate.

Jadi, blockchain bisa diaplikasikan pada teknologi apa saja? Inilah sebagian jawabannya. Sebagian ada yang berkaitan dengan Bitcoin, sebagian yang lain hanya memanfaatkan teknologi blockchain saja. Semoga bermanfaat.

0 komentar