Search Googling

Kamis, 08 Maret 2018

Larangan Iklan Cryptocurrency di Facebook & Instagram. Apa Alasannya ?


Bulan Januari lalu Kompas mengabarkan tentang Facebook larang iklan Bitcoin dan tentang cryptocurrency tampil di layanan mereka. Tak hanya di Facebook, tetapi situs medsos anak mereka, Instagram juga tidak akan menampilkan iklan tentang Bitcoin. Termasuk juga di Audience Network yang merupakan jaringan aplikasi di luar Facebook. Hal ini menimbulkan berbagai tanggapan dari kalangan trader. Apa saja kata mereka ? Lalu apakah kebijakan Facebook itu akan mempengaruhi naik turunnya harga cryptocurrency ?

Berita tentang larangan iklan Bitcoin juga dikabarkan bulan Februari oleh CNN dan berbagai media besar lainnya. Hal ini mengukuhkan bahwa Facebook benar-benar serius soal aturan baru itu. Rob Leathern, salah satu direktur teknis iklan Facebook menyampaikan kepada CNBC pada Rabu (31/1/2018) mengungkapkan bahwa perusahaannya sudah sangat siap menerapkan aturan ini. Hal itu karena iklan Bitcoin ataupun cryptocurrency banyak disalah gunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan penipuan.

Larangan iklan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya oleh Facebook ternyata sukses menjatuhkan harga Bitcoin. Seperti dilansir dari Reuters, harga Bitcoin di bursa Bitstamp yang punya basis di Luksemburg turun ke level terendah hingga US$9.022. Sejak Januari 2015, harga ini merupakan penurunan terendah, yakni mencapai 26 persen.

Alasan Larangan Iklan Bitcoin di Facebook

Seperti dikabarkan Kompas, Facebook menganggap cryptocurrency seperti Bitcoin dan sejenisnya hanyalah produk keuangan terasosiasi dengan praktik tindakan promosi yang menyesatkan.

Alasan tersebut diperkuat dengan munculnya fenomena berbagai investasi mengatasnamakan Bitcoin ataupun penambangan Bitcoin yang ujung-ujungnya penipuan. Karena itulah pihak Facebook mengantisipasi platformnya dari iklan-iklan terkait promosi keuangan tersebut.

Tanggapan Para Bitcoiner

Larangan iklan Bitcoin di Facebook dan platform terkait ini menjadi salah satu pembicaraan para anggota forum. Kurang lebih berikut beberapa komentarnya.

-          Bisa saja itu hanya akal-akalan, trik dari Mark untuk menghantam harga Bitcoin agar anjlok, dan tahu-tahu dia memborong Bitcoin.

-          Yang dilarang Facebook adalah iklan. Kalau kita menggunakan FP biasa tanpa pengiklanan, like dan share secara manual maka info maupun promosi terkait Bitcoin tetap bisa lancar di Facebook.

-          Sebagian pemula malah menuduh kabar-kabar pelarangan dibesar-besarkan hanyalah akal-akalan para pemain lama dan pemain besar agar bisa mengendalikan harga Bitcoin dengan memicu kepanikan para trader.

Itulah beberapa ulasan yang perlu Anda tahu soal larangan iklan Bitcoin di Facebook dan jaringannya. Lalu, apa pendapat Anda ?

0 komentar