Search Googling

Sabtu, 23 Desember 2017

4 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Tahukah Anda apa saja faktor utama yang mempengaruhi harga Bitcoin ? Tak bisa dipungkiri bahwa keuntungan trader adalah dari selisih harga yang terjadi setiap waktu. Naik turun harga secara tak menentu membuat trader harus jeli mengincar saat yang tepat untuk membeli maupun melepas Bitcoin miliknya.

Harga Bitcoin yang fluktiatif inilah yang menjadi alasan sebagian orang memandang Bitcoin bukan pilihan tepat untuk berinvestasi. Namun bagi kalangan yang berani ambil risiko demi keuntungan berlipat, justru harga Bitcoin yang tak menentu dan tanpa kendali dari pihak manapun secara mutlak menjadi sisi yang menarik dan menggiurkan. Terbukti harga Bitcoin telah berlipat ribuan kali daripada awal kemunculannya.

Faktor Utama Yang Mempengaruhi Harga Bitcoin

Agar benar-benar paham naik turunnya harga yang berpengaruh pada keuntungan investasi, sebaiknya Anda juga mengerti sebab-sebab harga Bitcoin naik turun. Sehingga bisa melakukan berbagai antisipasi. Nah, berikut ini rincian faktor utama yang mempengaruhi harga Bitcoin.

1.      Jumlah Dan Persebaran Bitcoin Yang Masih Sedikit

Volume Bitcoin terbilang masih sangat sedikit sedangkan permintaan peminat kian besar. Ini berakibat pada naiknya harga Bitcoin sebagai salah satu komoditas investasi. Dan memang konon Bitcoin akan terus membatasi peredaran demi mempertahankan harganya.

Badingkan saja misalnya dengan emas atau uang konvensional. Jumlahnya tentnu sangat tak seberapa. Berdasarkan hitungan tepat waktu dari situs realtimebitcoin.info, hingga Desember 2017, jumlah Bitcoin yang beredar di pasaran adalah 16,754,750 Bitcoin.

2.      Adanya Spekulasi Trader

Kebanyakan pemilik Bitcoin menggunakan uang virtual ini sebagi aset trading, bukan alat tukar. Hal itu dipengaruhi juga masih minimnya penggunaan Bitcoin sebagai alat tukar atau pembayaran, lebih-lebih ada beberapa negara yang telah melarang penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Karena tujuannya sebagai aset trading maka para trader ini akan sangat sensitif dengan isu global.

Respon mereka bisa berupa tindakan membeli ataupun menjual asetnya. Misalnya ketika ada kabar bahwa di Amerika ada beberapa perusahaan layanan yang menerima pembayaran dengan Bitcoin, maka akan banyak orang yang membeli Bitcoin sehingga permintaan meningkat dan harganya pun melonjak. Sebaliknya ketika China melarang total Bitcoin di negaranya, maka harga Bitcoin langsung anjlok karena penjualan oleh para trader yang panik, lebih banyak ketimbang permintaan.

3.      Adanya Modus Penipuan Melibatkan Bitcoin, Sehingga Menjatuhkan Kepercayaan

Karena tergiur dengan bayangan keuntungan investasi Bitcoin, banyak investor baru yang terjun ke dunia uang digital. Mereka yang masih terbilang awam kadang menjadi korban penipuan oleh pihak tertentu dan melibatkan Bitcoin. Mereka mempercayakan sejumlah uang dengan harapan mendapatkan pembagian keuntungan dari situs, orang ataupun perusahaan yang menjanjikan hal itu.

Mungkin bulan pertama dan kedua mereka masih mendapatkan bagian yang dijanjikan. Namun ketika sudah banyak yang bergabung dalam program investasi tersebut, tahu-tahu si penipu menghilang bersama ratusan juta uang investor. Nah, para korban ini lantas menjadi isu negatif yang menyeret Bitcoin juga. Akibatnya harga Bitcoin bisa turun.

4.      Munculnya Kejahatan Hacker

Masih terkait dengan sensitivitas para pelaku trading terhadap berbagai isu global, kabar merebaknya aksi peretas akan membuat para trader panik. Hal itu membuat mereka melakukan penjualan besar-besaran sehingga harga Bitcoin pun akan anjlok.

Contohnya kasus yang menimpa salah satu pusat penukaran Bitcoin di Hongkong, Bitcoin Bitfinex, pada Agustus 2016. Layanan itu diretas oleh hacker dan mengalami kerugian hingga USD 72 juta atau Rp 946,8 miliar. Bahkan kejadian ini disebut sebagai peretasan terburuk bagi sebuah pusat penukaran Bitcoin.


Ketika marak aksi peretasan inilah para pemilik Bitcoin akan panik dan mereka segera menjual asetnya. Penjualan yang masif ini akan membuat harga Bitcoin anjlok. Nah, sudah jelas bukan apa saja faktor utama yang mempengaruhi harga Bitcoin ? Semoga menambah wawasan.

0 komentar