Search Googling

Minggu, 07 Januari 2018

Pengertian dan Cara Melakukan Arbitrase Untuk Memperoleh Keuntungan Instan



Meskipun sekilas sama dengan trading forex, namun trading crypto memang beda. Baik dalam cara maupun strategi dan sebagian istilahnya. Kali ini kita akan mengenal dan belajar arbitrase cryptocurrency demi mendapatkan keuntungan instan.

Arti secara umum dari kata Arbitrase adalah praktik dan strategi memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan selisih harga pasar untuk Bitcoin ataupun Altcoin. Makna ini juga sejalan dengan KBBI yang mengatakan bahwa Arbitrase adalah pembelian dan penjualan secara simultan atas barang yg sama di dl dua pasar atau lebih dng harapan akan memperoleh laba dari perbedaan harganya. Makna inilah yang dipakai dalam dunia perdagangan.

Secara lebih khusus bagi dunia crypto, arbitrase artinya pemindahan saldo cryptocurrency dari satu situs exchanger ke exchanger lainnya. Cara ini dilakukan karena ada selisih harga antar pasar di kedua situs tersebut. Sehingga pelaku trading memindahkan saldonya ke pasar lain untuk dijual. Ingin tahu lebih dalam caranya ? Berikut ini ulasannya.

Proses Arbitrase Cryptocurrency

Untuk melakukan arbitrase, ikuti langkah-langkah berikut ini. Cara ini saya dapatkan dari salah satu member di forum Bitcointalk.org. Berikut ini langkah-langkahnya.

1.      Amati dan Hitung Selisih Harga di Berbagai Exchanger Untuk Memastikan Keuntungan

Untuk melakukan arbitrase, Anda harus mengamati selisih harga di dua atau lebih exchanger. Mana yang pasti menguntungkan maka ikuti langkah selanjutnya.

2.      Harus Punya Akun di Kedua Exchanger

Karena arbitrase memanfaatkan selisih harga antar exchanger yang berbeda maka Anda harus punya akun di masing-masing exchanger. Ibarat pasar, Anda sudah punya lapak di dua pasar berbeda. Langkah kedua ini bisa juga didahulukan, artinya sejak awal Anda sudah membuat akun di berbagai exchanger, sehingga semakin banyak pilihan tujuan arbitrase Anda.

3.      Teliti Waktu Konfirmasi Pengiriman Kedua Exchanger

Langkah kedua dalam cara arbitrase cryptocurrency adalah dengan meneliti terlebih dahulu berapa lama waktu konfirmasi pengiriman di kedua exchanger. Hal ini penting mengingat pergerakan harga crypto bisa terjadi setiap saat. Kalau sampai terlambat pengirimannya, bisa-bisa harga di “pasar sebelah” sudah berubah.

4.      Perhitungkan Juga Fee/Biaya Transaksi di Exchanger Yang Dituju

Langkah arbitrase cryptocurrency selanjutnya, hitung-hitung lagi biaya pengiriman cryptocurrency di kedua exchanger. Soalnya proses arbitrase nantinya akan melalui beberapa proses pemindahan saldo yang pasti dikenakan biaya.


Gambarannya : dari Vip.Bitcoin.co.id pemindahan saldo ke Luno, misalnya Anda terkena biaya sekian, lalu pengiriman dari Luno saat Anda menjual Bitcoin juga ada biayanya. Dan terakhir, mengembalikan saldo di Luno ke Vip juga akan dikenakan biaya. Hitung lagi biaya 3 kali bolak balik tersebut apakah nantinya seimbang dengan keuntungan dari selisih harga yang diincar.

Prakteknya seperti ini :

Misal harga akhir (Last Price) 1 Bitcoin di bitcoin.co.id adalah Rp. 60 juta, Order jual Rp. 60 juta, order beli Rp. 59 juta. Sementara di luno.com, 1 Bitcoin harga akhir Rp. 65 juta, jual Rp. 67 juta dan Beli Rp.66 Juta.

Anggap Anda sudah punya akun di kedua market tersebut, maka periksa berapa lama kecepatan konfirmasi transfer antar kedua market. Cek juga biaya bolak balik transfer di kedua market.

Kalau sudah mantap lanjutkan dengan membeli Bitcoin di Bitcoin.co.id (Rp. 60 juta). Ini kalau Anda punya modal untuk 1 BTC, kalau tidak ada berarti semampunya. Anggap saja dalam kasus ini Anda punya uang Rp. 60 juta. Setelah mendapat 1 BTC di bitcoin.co.id, lakukan penarikan (withdraw) ke akun di luno.com.

Setelah di Luno.com, dan harga jual masih menguntungkan, maka segera lakukan penjualan instan dengan melihat harga order beli di luno. Misalnya telah turun menjadi Rp. 66 juta, Anda masih bisa untung. Segera lakukan penjualan. Setelah berhasil menjual dengan harga tersebut, Anda bisa memindahkan lagi saldo Bitcoin ke bitcoin.co.id.


Jadi begitulah pengertian dan cara melakukan arbitrase cryptocurrency untuk mendapat keuntungan instan. Selamat trading, semoga dapat harga yang kian melenting.



0 komentar