Search Googling

Kamis, 23 November 2017

6 Aplikasi Editing Video Terbaik Andalan Para Youtuber Dari Yang Berbayar Hingga Yang Gratisan

Bagi Anda yang berminat menekuni YouTube sebagai medan perjuangan meraih gajian dari Adsense tentu harus memikirkan konten video. Selanjutnya konten video selalu berkaitan dengan aplikasi editing video terbaik untuk menghasilkan video yang layak tayang dan layak tonton. Nah, kira-kira apa saja sih aplikasi untuk mengedit video yang paling disarankan?
Dari beberapa sumber mastah yang mau berbagi akhirnya saya berhasil merangkum beberapa aplikasi editing video terbaik yang jadi andalan mereka, para Youtuber senior. Mungkin ada juga yang masih dirahasiakan sebagai rahasia “resep dapur emak”. Namun setidaknya berikut ini aplikasi yang bisa Anda pilih salah satunya.
                                 
1.      Adobe Premiere
Adobe Premiere Pro adalah pilihan pertama namun memerlukan biaya untuk versi pro dan legalnya. Aplikasi ini berbasis non-linear editor (NLE) dan bagian dari Adobe Systems. Bisa dibeli secara paketan namun bisa juga hanya membeli lisesi untuk Adobe Premier saja. Software ini mendukung OS Windows dan Mac.

Software ini adalah pilihan kalangan profesional. Banyak perusahaan pembuat film dan perusahaan pertelevisian menggunakan software ini. Ada sekitar 12 efek audio dan 45 efek video, serta 30 macam transisi yang membuat Adobe menghasilkan video yang istimewa. Namun untuk menjalankan software editing terbaik ini komputer Anda harus memiliki kartu grafis (VGA) berkualitas tinggi seperti AMD dan NVIDIA, dan minimal didukung RAM 4 GB.

2.      Lightworks
Kalau Adobe Premier merupakan aplikasi editing video yang berbayar, maka dengan fitur yang nyaris sama, Anda bisa menikmati aplikasi yang gratisan. Lightworks menjadi penantang Adobe Premiere. Berbekal fitur yang beragam, proses editing yang cepat, dan mendukung semua format video. Dari SD, HD, 2 K hingga 4K.

Lightwork menyediakan pilihan versi berbayar dan versi gratisan. Antara keduanya hanya berbeda dalam kemampuan ekspor hasil saja. Versi gratisan hanya mampu mengekspor video dalam bentuk MPEG-4, yaitu format untuk web, YouTube dan Videmo dalam rsolusi 720p alias HD saja. Belum Full HD. Sepertinya itu sudah mencukupi untuk mengsisi Channel YouTube Anda.

3.      Shoutcut
Bagi Anda yang menggunakan OS Linux, aplikasi untuk editing video satu ini bagus untuk Anda coba. Merupakan aplikasi gratis, dan open source. Berbagai jenis format didukung oleh Shotcut ini. Bahkan aplikasi ini juga mendukung screen capture, webcam capture, hingga audio capture.

4.      HitFilm Express
HitFilm Express adalah versi gratis dari software HitFilm. Untuk para YouTuber software ini sudah mencukupi keperluan editing mendasar. Bahkan tersedia juga visual effect yang bagusnya tidak kalah dari After Effect.

Selain mengedit video, Anda pun bisa langsung mengunggah hasil editan Anda ke YouTube sehingga mempermudah kerja Anda. Apalagi antara versi berbayar dan gratisan hanya sedikit perbedaannya. 

5.      VSDC Free Video Editor
Untuk menambahkan pemanisa ke dalam video Anda, maka tambahkanlah gambar, animasi dan lainnya menggunakan VSDC Free Video Editor. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa memberi hiasan pada video Anda misalnya dengan pencantuman link FB, ajakan subscribe dan sebagainya.

6.      Avidemux
Aplikasi gratisan selanjutnya untuk editing video adalah Avidemux. Aplikasi ini bersifat open-source sehingga bebas Anda gunakan. Kualitasnya juga cukup handal. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa mengubah video ke dalam format AVI dan MPEG. Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan pemotongan, meng-copy, menambahkan logo, memberi teks dan subtitle, menggabungkan beberapa video dengan durasi tak terbatas.


Bagi orang yang pertama kali menggunakan software ini, biasanya perlu beradaptasi. Sebab penggunaananya akan rumit dan fitur-fiturnya juga banyak. Nah, dengan 6 aplikasi editing video yang jadi andalam para Youtuber di atas, kini Anda punya pilihan yang beragam. Silakan digunakan sesuai kebutuhan Anda.

0 komentar