Search Googling

Kamis, 23 November 2017

Bagaimana Dampak Custom Domain Terhadap Indeks dan Trafik Blogspot? Ini Jawabannya

Selamat buat Anda yang baru saja memperoleh domain untuk blogspot yang Anda kelola. Tentunya makin kelihatan profesional dan keren bukan? Pertanyaan yang sering muncul dari para blogger ketika baru saja melakukan custom domain ke TLD adalah, “Apakah ada dampak custom domain terhadap indeks dan trafik Blogspot?” Apakah itu juga menjadi pertanyaan Anda?Jika Iya, berikut inilah jawabannya.

Setelah Custom Domain Ini 3 Langkah Yang Harus Anda Lakukan

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya kita bahas dulu apa saja yang harus dilakukan setelah berhasil melakukan perubahan domain blogspot. Soalnya, ini akan berkaitan erat dengan jawaban dari persoalan tadi. Oke, berikut ini langkah-langkahnya:

1.      Lakukan Submit Ulang Domain

Lakukanlah submit ulang blog Anda yang baru berganti domain ke Google Web Master dan Bing Web Master. Langkahnya sama seperti pertama kali mendaftar. Tinggal tambahkan properti saja. Begitu juga yang di Bing, tinggal Anda tambahkan web baru Anda.

Seperti awal mendaftarkan website, maka proses verifikasi menggunakan meta tag dari Google dan Bing juga wajib sobat lakukan.

2.      Submit Ulang Sitemap Blog

Selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah custom domain adalah mendaftarkan ulang sitemap blog Anda. Caranya tentu tak jauh beda dari pertama kali Anda mendaftar sitemap Google.

Terkait dua langkah awal ini, apakah property lama di akun Web Master dibiarkan atau dihapus? Ternyata tak ada pengaruh dengan blog apakah itu dihapus atau dibiarkan. Jadi opsional saja, kalau mau dihapus supaya lebih ringkas hapus saja.

3.      Submit Ulang Semua Link Artikel Blog Ke Google dan Bing

Langkah selanjutnya adalah melakukan submit ulang link artikel blog Sobat ke Web Master Tool, baik itu Google ataupun Bing. Lumayan melelahkan kalau blognya sudah berisi ratusan artikel. Tapi ini opsional saja, bukan satu keharusan. Namun jika ingin indeks blog segera pulih, maka sebaiknya dilakukan.

Pengaruh Custom Domain Blogspot Terhadap Indeks Google

Selanjutnya masalah inti. Setelah Sobat melakukan 2 langkah pokok di atas, maka indeks blog sobat di mesin pencari Google maupun Bing tak akan mengalami masalah. Jadi dari trafik maupun indeks tak akan mengalami penurunan.
Kenapa? Ingatkah Anda ketika pertama kali men-setting pengalihan domain? Nah, disitu ada opsi keterangan pengalihan. Dari situ kita pahami bahwa setiap URL yang mengarah ke domain lama (blogspot.com) akan secara otomatis diarahkan ke domain baru kita. Sehingga semua artikel kita yang sudah diindeks mesin pencari dengan domain lama akan diarahkan juga ke domain baru kita. Paham?

Ketika ada orang yang mengklik tautan artikel blog Anda yang sudah terindeks Google dengan domain blogpsot, otomatis akan diarahkan ke domain baru. Sebagian rekan blogger ada yang menceritakan pengalaman bahwa trafik blog sempat menurun sekitar seminggu. Namun setelah itu pulih kembali, bahkan meningkat.


Jadi kesimpulannya, dampak dari custom domain pada indeks dan trafik blogspot tidak perlu dirisaukan. Asalkan Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka indeks dan trafik blog akan segera pulih. Saya sarankan juga untuk lebih sering memposting artikel baru. Tujuannya agar mesin pencari lebih cepat menngenali domain baru sobat. Oke, selamat menempuh hidup baru bersama domain baru ya, Sob... Semoga semakin semangat ngeblognya.

0 komentar