Search Googling

Rabu, 10 Januari 2018

Perhatikan 8 Cara Mengamankan Wallet Bitcoin Ini Agar Aset Anda Aman

Sebagai aset digital yang saat ini sangat berharga, Bitcoin sebenarnya sudah dibekali tingkat pengamanan yang tinggi. Namun kadang para pengguna Bitcoin yang kurang memahaminya. Saking rumitnya pengamanan malah nggak paham. Nah, kalau Anda termasuk yang bingung bagaimana cara mengamankan wallet Bitcoin Anda, berikut ini kumpulan tipsnya.

8 Cara Mengamankan Wallet Bitcoin

Harga Bitcoin yang melambung juga mengundang para peretas jahat untuk beraksi. Beberapa kali kita dengan berita ada peretas yang merampok Bitcoin dari berbagai lokasi penukarannya. Nah, ikut langkah-langkah berikut ini agar Wallet Bitcoin Anda aman terkendali.

1.      Rahasiakan Private Key Wallet

Private key wallet atau kunci rahasia dompet Anda. Jadi seperti namanya, rahasia. Jangan sekali-kali beritahukan ke siapa pun.

2.      Buat Sandi Yang Kuat dan Rumit

Cara mengamankan Wallet Bitcoin selanjutnya adalah dengan membuat sandi atau pasword yang rumit dan kuat. Hindari membuat password hanya dengan nama dan tanggala lahir, atau kata lain yang mudah ditebak. Untuk menghindari lupa, selalu catat password berbagai akun penting Anda dalam catatan khusus. Office One Note adalah salah satu aplikasi bawaan Office yang sangat bagus untuk mengumpulkan data penting dalam satu buku kerja yang mudah dicari.

3.      Selalu Terapkan Two Factor Authentification

Di berbagai dompet virtual berbasis web, biasanya tersedia fitur keamanan two factor authentification. Fitur ini terbukti sangat membantu pengamanan wallet Bitcoin dan Altcoin. Meskipun terbilang merepotkan, namun demi keamanan, seharusnya kita memang mau repot sedikit.

4.      Waspada Terhadap Link Asing

Ketika Anda mendapat email berisi tautan yang asing, jangan sembarangan klik. Siapa tahu tautan tersebut telah berisi script yang siap menginveksi dan memata-matai aktivitas trading Anda.

5.      Website Exchange Hanya Alamat, Bukan Wallet

Sudah sejak lama penyedia layanan Exchange seperti Vip.Bitcoin.co.id mengatakan bahwa situs tersebut bukanlah layanan dompet virtual (wallet). Fitur akun vip.bitcoin hanyalah sebagai alamat saja. Menyimpan Bitcoin dan Altcoin dalam jumlah besar sangat tidak disarankan dalam akun situs exchanger. Pindahkanlah saldo crypto Anda ke situs yang memang khusus menyediakan wallet, misalnya Blockchain.com.

6.      Teliti dan Waspada Terhadap Layanan Online Yang Tak Memiliki Keamanan Tinggi

Jika ada promosi situs exchanger baru, menawarkan berbagai kemudahan dan iming-iming, telitilah dahulu sebelum yakin bergabung. Kalau situs tersebut tidak punya fitur keamanan yang mumpuni lebih baik Anda hindari.

7.      Jangan Simpan di Satu Wallet

Sama seperti uang biasa, Anda tentu tak mau meletakkan semua uang Anda yang jumlahnya ribuan dollar dalam satu dompet saja. Demikian pula Bitcoin. Simpanlah Bitoin Anda di beberapa tempat berbeda. Misal di komputer, ponsel, dan server.

8.      Rutin Backup

Setelah dipecah dalam beberapa penyimpanan, Anda pun harus rutin memback up dompet Bitcoin Anda. Hal ini sangat penting untuk menyiasati sewaktu-waktu terjadi kerusakan komputer.


Bitcoin sebagai benda dan aset virtual memang memerlukan penanganan tersendiri. Jadi jangan main-main soal keamanan ini. Nah, dengan 8 cara mengamankan Wallet Bitcoin di atas, semoga aktivitas trading Anda kian nyaman.

0 komentar