Search Googling

Jumat, 12 Januari 2018

Trojan Cryptoshuffler Mengancam Pengguna Bitcoin dan Altcoin. Waspadalah !

Bitcoin terus menerus melejit harganya menembus ratusan juta. Namun di balik itu ada pihak yang punya cara hitam untuk memperoleh Bitcoin. Salah satunya yang lagi booming ada virus trojan bernama Cryptoshuffer. Seperti apa seluk beluk, modus, sekaligus cara mengantisipasinya ? Simak ulasan selengkapnya hanya di sini.

Asal Virus Trojan Cryptoshuffer

Belum ada kepastian dari mana asal trojan Cryptoshuffer. Namun seperti dilansir dari CCN, yang pertama kali memperingatkan adanya bahaya trojan ini adalah seorang analisis perusahaan Kaspersky, Rusia, Sergey Yunakovsky.

Cara Kerja Trojan Cryptoshuffer

Cara kerja Cryptoshuffer sebenarnya terbilang sederhana namun hasilnya luar biasa. Ia mengincar para pengguna Bitcoin yang biasa memanfaatkan fitur copy paste/salin tempel untuk mengisi formulir pengiriman di situs exchange atau ketika mereka bertransaksi.

Ketika Pengguna menyalin dan kode wallet tujuan, lalu menempelkan ke alamat pengiriman, maka trojan ini mengubah alamat tersebut dengan alamat wallet pemilik virus. Pengguna yang tidak teliti dan langsung mengirim tentu saja akan mengali kerugian. Bitcoin yang dikirimnya masuk ke “rekening” pembuat virus. Dan malangnya, transaksi Bitcoin tidak bisa dibatalkan.

Akibat modus ini Cryptochuffer telah sukses meraup Bitcoin senilai ribuan dollar. Menurut situs Bleepingcomputer.com, hingga November 2017 lalu, Cryptoshuffer telah mengalihkan trasfer Bitcoin senilai $150.000.

Juga Mengancam Uang Digital Lainnya

Malware Trojan Cryptoshuffer tidak hanya menarget transaksi Bitcoin, tapi juga Altcoin. Jadi bagi pengguna Ethereum, Zcash, Monero, Dash, maupun Dogecoin hendaknya juga berhati-hati.

Cara Mencegah Trojan Cryptoshuffer

Hingga saat ini belum ada cara yang benar-benar ampuh memberantas virus yang bekerja di balik layar ini. Namun langkah pencegahan semaksimal mungkin bisa diterapkan. Antara lain dengan rutin meng-update anti virus secara berkala. Juga lakukan pemeriksaan (scan) komputer secara berkala untuk mengantisipasi hadirnya virus.

Selain itu ketika Anda bertransaksi dan mengirimkan uang digital ke suatu alamat, hendaknya benar-benar teliti. Cek lagi apakah sudah benar-benar sesaui dengan alamat yang dituju. Jangan bergantung pada copy paste kode atau alamat tujuan. Karena disitulah Trojan Cryptoshuffer bekerja.


Demikian ulasan singkat tentang virus pengalih alamat wallet, trojan Cryptoshuffer. Semoga bermanfaat.

0 komentar