Search Googling

Sabtu, 30 Desember 2017

Apakah Inflasi Juga Dapat Terjadi Pada Cryptocurrency Seperti Bitcoin? Ini Jawabannya

Inflasi adalah suatu proses di mana harga secara umum meningkat secara berkelanjutan. Menurut Wikipedia inflasi dikatakan juga sebagai proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Sehingga inflasi adalah suatu proses, bukan peristiwanya. Karena itu tingginya harga-harga belum tentu menunjukkan inflasi.

Melihat definisi di atas, timbullah pertanyaan, apakah inflasi juga dapat terjadi pada cryptocurrency seperti Bitcoin maupun Altcoin ? Mengingat cryptocurrency menjadi bahan komoditas jual beli. Juga muncul pertanyaan sejenis tapi berbeda, apakah inflasi dapat berdampak pada cryptocurrency?. Mari kita bahas.

Inflasi sendiri sering ditandai dengan tidak seimbangnya nilai tukar suatu mata uang atau alat tukar dengan harga barang. Hal ini bisa disebabkan karena jumlah mata uang yang lebih banyak sehingga nilainya rendah, atau karena biaya produksi yang meningkat sehingga harga barang naik dengan signifikan.

Bitcoin Bisa Terkena Inflasi ?

Menilik ulang pertanyaan apakah cryptocurrency bisa terkena inflasi ? Maka jawabnya tentu beda-beda tergantung uang crypto mana yang dibahas. Untuk Bitcoin, banyak sumber yang mengatakan Bitcoin justru disetting untuk mengalami deflasi alias permintaan tinggi sedang barangnya sedikit. Sehingga bukannya mengalami penurunan harga, Bitcoin justru akan semakin mahal.

Seperti dilansir Inet Detik, uang virtual yang digagas Sathosi Nakamoto ini didesain memiliki jumlah terbatas. CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan, mengungkapkan bahwa peredaran Bitcoin akan dibatasi pada jumlah 21 juta Bitcoin pada 2040 nanti. Sehingga nantinya Bitcoin akan seperti emas yang jumlahnya terbatas sehingga harganya tidak pernah mengalami inflasi.

Namun di sisi lain mahalnya harga Bitcoin justru dipengaruhi oleh supply and demand (penawaran dan permintaan). Karena itu Bitcoin baru benar-benar hancur jika demand atau permintaan menurun atau hampir tidak ada.

Altcoin Bisa Terkena Inflasi ?

Beda halnya dengan Bitcoin yang jumlahnya terbatas, Altcoin atau uang crypto alternatif bisa saja terkena inflasi. Hal ini karena koin-koin alternatif ini ditambang dengan teknologi yang lebih mudah dan belum ada batasan pasti suplainya. Belum lagi saat ini bermunculan koin-koin digital yang meramaikan dunia cryptocurrency.

Di sisi lain dari bahasan di atas, ada juga trader yang berpendapat bahwa istilah inflasi kurang tepat untuk diterapkan pada mata uang kripto. Alasannya, cryptocurrency tidak ada lembaga yang berwenang untuk menggelembungkan jumlahnya, ataupun mencetak dengan jumlah banyak. Naik turunnya harga suatu koin adalah murni berdasarkan supply and demand (penawaran/ketersediaan dan permintaan).


Apakah Inflasi berpengaruh pada cryptocurrency? Jawabannya tentut tidak. Karena inflasi suatu negara, hanya akan mempengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut atau pada harga-harga barang mereka. Sedangkan cryptocurrency tak terikat oleh negara dan pemerintahan mana pun di dunia. Sehingga meskipun terjadi inflasi di suatau negara, maka mata uang kripto seperti Bitcoin akan tetap pada posisi harganya. Sekali lagi naik turunnya harga Bitcoin dan Altcoin kembali pada tinggi rendahnya minat pasar. Demikian, semoga bermanfaat.

0 komentar