Search Googling

Rabu, 13 Desember 2017

Trik Mengakali Fee Transfer Bitcoin Yang Semakin Mahal

Bagaimana solusi atau trik mengakali fee transfer Bitcoin yang semakin mahal ? Harga mata uang virtual Bitcoin kian hari kian melambung. Nominalnya menjadi suatu harga fantastis dan seolah tak masuk akal untuk suatu aset yang dikatakan sebagai uang. Akhirnya kini Bitcoin bukan lagi menjadi alat tukar atau pembayaran alternatif seperti awal kemunculannya. Namun Bitcoin sudah jadi aset seperti emas. Menjawab pertanyaan di atas, ikuti ulasan dan kesimpulan berikut ini.

Benarkah Fee Transfer Bitcoin mahal ?

Keluhan ini disampaikan oleh salah satu bitcoiner dalam sebuah forum Bitcointalk.org. Menurutnya fee transfer saat ini antara  0.0003-0.0015 Btc yang jika dirupiahkan setara Rp150 ribuan. Berbagai tanggapan pun muncul dari para member sesama bitcoiner. 

Secara umum memang pihak Exchanger menetapkan fee tertentu untuk transfer Bitcoin maupun aset virtual lainnya. Biasanya menggunakan angka persen ataupun nilai tertentu. Melihat harga Bitcoin yang saat ini sudah tembus ratusan juta (di halaman depan Bitcoin.co.id 1 BTC = 240.820.000) maka fee sebesar 1% adalah sangat besar.

Memang bagi para pemilik Bitcoin yang jumlah koinnya sudah banyak, fee tersebut tidaklah seberapa dibanding dengan jumlah aset mereka dan sisi keamanan dan kecepatan transfer. Ingat, semakin murah fee yang dibayarkan maka prosesnya memakan waktu yang lebih lama.
Namun bagi para pendatang baru, pemburu Bitcoin gratisan yang jumlah asetnya masih sen-senan atau masih hitungan satoshi, tentu akan terasa sangat mahal. Persis seperti kasus yang pernah kami bahas, seseorang membeli produk seharga 2 dollar menggunakan Bitcoin, akhirnya total yang harus dibayarkan malah senilai 7 dollar.

Solusi Mengakali Mahalnya Fee Transfer Bitcoin

Kalau memang masih baru dan aset masih minim, mau apa lagi? Kita memang harus menyiasati dan mengakali mahalnya fee transfer Bitcoin ini. Dari berbagai tanggapan dan pengalaman yang dibagikan dalam forum tersebut, setidaknya ada dua opsi bagi Anda.

1.      Gunakan Wallet Asli di Blockchain

Solusi pertama untuk menekan fee transfer Bitcoin adalah dengan memiliki wallet di Blockchain. Jadi memang benar-benar dompet virtual di tempat yang menyediakan layanan tersebut. Blockchain.info adalah salah satu tempat di mana Anda bisa membuat wallet pribadi. Nah, biaya transfer di melalui wallet pribadi seperti ini biayanya lebih murah 10 kali lipat dibanding fee yang diambil exchanger.

2.      Konversi ke Dogecoin Terlebih Dahulu

Solusi kedua untuk menekan biaya transfer/fee transaksi Botcoin adalah dengan mengubahnya menjadi koin alternatif. Yang paling disarankan adalah diubah ke Dogecoin. Trik ini memanfaatkan situs exchanger bernama Poloneix, Bittrex, Cryptopia, dan lain sebagainya.

Caranya: jual dulu balance Btc Anda menjadi Dogecoin di market, selanjutnya kirim Doge ke Poloniex, Bittrex, Cryptopia, dan lain sebagainya. Di situs ini jual lah Doge ke Bitcoin. Selesai. Setelah itu bisa diinvestasikan maupun diubah menjadi rupiah ke Vip.bitcoin.co.id, dari Poloneix fee transfernya hanya 10.000 satoshi.


Itulah dua solusi cara atau trik mengakali fee transfer Bitcoin yang mahal. Semoga bisa membantu Anda yang masih berburu Bitcoin dan baru memiliki balance terbatas, sehingga potongan fee terasa menguras.  

0 komentar